Lompat ke isi utama

Berita

Pengawasan Melekat pada PSU, Bawaslu Kota Serang Jamin Integritas Pemilu

bawaslu

Pngawasan Bawaslu Kota Serang saat PSU di TPS 007 Kemanisan, Kecamatan Curug  pada Sabtu (24/02/24).

Kota Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Serang – Bawaslu Kota Serang kini gencar melaksanakan tugas pengawasan melekat pada proses pemungutan suara ulang (PSU) di 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni TPS 007 Kemanisan, Kecamatan Curug dan TPS 021 Bendung, Kecamatan Kasemen, pada Sabtu (24/02/24).

Pemungutan suara ulang ini terjadi akibat beberapa permasalahan yang muncul pada pemungutan suara sebelumnya. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas demokrasi, Bawaslu Kota Serang mengambil langkah-langkah tegas untuk memastikan bahwa setiap hak suara warga direpresentasikan dengan benar.

Ketua Bawaslu Kota Serang, Agus Aan Hermawan, menyatakan komitmennya untuk menjaga integritas pemilihan melalui pengawasan melekat yang ketat. "Kami Bawaslu dengan seluruh jajaran kami, bekerja keras untuk memastikan bahwa proses pemungutan suara ulang berlangsung sesuai dengan ketentuan hukum dan prinsip demokrasi. Setiap warga punya hak untuk memberikan suaranya, dan kami bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hak tersebut dihormati dan dijaga, supaya terjaga integritas pemilu" kata Agus.

Pengawasan melekat ini tak hanya melibatkan tim Bawaslu Kota Serang, namun ada saksi-saksi pemilu, serta pihak terkait lainnya. Mereka memantau setiap tahap pemilihan, mulai dari persiapan hingga penghitungan suara, dengan teliti dan cermat. Data dan informasi yang dikumpulkan, nantinya akan menjadi dasar untuk mengevaluasi keberlangsungan pemilihan dan menanggapi potensi permasalahan yang mungkin muncul.

Bawaslu Kota Serang juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga integritas pemilihan dengan memberikan informasi dan laporan apabila ada potensi pelanggaran atau kecurangan. Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, Fierly Murldyat Mabrurri saat melakukan pengawasan pada Sabtu (24/02/24).

"Keterlibatan masyarakat disini punya peran yang sangat penting untuk mengawasi jalannya pemungutan suara ulang. Bawaslu tentu mendorong semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan proses pemilihan yang adil dan demokratis. Jika menemukan pelanggaran, laporkan kepada kami (Bawaslu)," ujarnya.

Turut hadir Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja melakukan pemantauan PSU di TPS Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten, Sabtu. Rahmat Bagja juga mengaku menjamin keamanan penyelenggara Pemilu 2024 saat PSU, karena proses pelaksanaan PSU di dua TPS ini keamanannya sudah terjamin karena dijaga oleh Kepolisian dan TNI.

Penulis dan Foto : Fathimatufz Zahra

Editor : Dita Yuliafnita