Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Serang: Gelar Rakor Persiapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Bawaslu menggelar Rapat Koordinasi PHPU pada Senin s.d Selasa (18-19/03/24).

Bawaslu menggelar Rapat Koordinasi PHPU pada Senin s.d Selasa (18-19/03/24).

Kota Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Serang - Bawaslu Kota Serang menggelar rapat koordinasi yang bertujuan untuk mempersiapkan langkah-langkah dalam menghadapi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada Senin s.d Selasa (18-19/03/24). Rapat tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari upaya Bawaslu dalam memastikan kelancaran dan keabsahan proses demokrasi di Pemilu 2024.

Rapat koordinasi yang digelar dihadiri oleh seluruh Panwaslu Kecamatan se-Kota Serang. Agenda rapat difokuskan pada empath hal yaitu pertama mekanisme pemberian keterangan pada siding PHPU di mahkamah konstitusi, Kedua teknis penyusunan keterangan Bawaslu, ketiga koordinasi dan strategi persiapan PHPU Bawaslu, dan keempat strategi pengumpulan data dukung PHPU dan penyusunan keterangan Bawaslu.

Dalam sambutannya, Koordinator Divisi Hukum dan Sengketa Bawaslu Kota Serang, Masykur Ridlo, menekankan pentingnya menjaga integritas dan transparansi dalam proses pemilihan umum. Ia juga menegaskan komitmen Bawaslu Kota Serang untuk bertindak adil dan tegas dalam menangani setiap bentuk sengketa atau pelanggaran yang terjadi selama proses pemilihan.

“Kami Bawaslu berkomitmen untuk menjaga integritas dan keabsahan pemilu 2024 di Kota Serang. Rapat koordinasi ini merupakan wujud dari upaya kami untuk mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan dalam PHPU di mahkamah konstitusi nanti,” kata Masykur.

Selain itu, rapat koordinasi juga menjadi forum bagi para seluruh jajaran aparatur pengawas dari Bawaslu untuk gotong-royong dalam mengumpulkan data dan memperkuat strategi terkait penanganan sengketa pemilihan umum. Diskusi yang intensif antara berbagai pihak diharapkan dapat memperkuat koordinasi serta meningkatkan kapasitas dalam menangani potensi sengketa dengan lebih efektif.

Turut hadir para pegiat pemilu dalam rapat yaitu Nurkhayat Santosa, SE, SH., Mahyudin, SH, MH., dan Faridi. Dengan berakhirnya rapat koordinasi ini, diharapkan Bawaslu Kota Serang dan pihak terkait lainnya dapat bersiap dengan baik menghadapi berbagai tantangan yang muncul dalam pelaksanaan pemilu di Kota Serang. Langkah-langkah preventif dan responsif yang dipersiapkan diharapkan mampu menjaga ketertiban dan keamanan serta memastikan keabsahan dan keadilan dalam proses penyelesaian sengketa.

Penulis : Fathimatufz Zahra

Foto : Vinda Intan Novia Uutami

Editor : Diya Yuliafnita