Lompat ke isi utama

Berita

Verifikasi Ijazah, Bawaslu Kunjungi 5 Kota

Verifikasi Ijazah, Bawaslu Kunjungi 5 Kota

Bawaslu Kota Serang mengunjungi beberapa lembaga pendidikan yang ada di 5 kota. Yakni Kota Bandar Lampung, Tanggerang, Kota Jakarta, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sleman.

SERANG - Guna memastikan keabsahan ijazah para bakal calon walikota dan wakil walikota, sepanjang pekan ini, Bawaslu Kota Serang mengunjungi beberapa lembaga pendidikan yang ada di 5 kota. Yakni Kota Bandar Lampung, Tanggerang, Kota Jakarta, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sleman. 

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Serang Masykur Ridlo menjelaskan, selama mengunjungi lembaga pendidikan dimaksud, pihaknya memastikan beberapa hal. Seperti kesesuaian nomor ijazah, tanggal dan tahun kelulusan, tandatangan kepala sekolah dan atau rektor, hingga kesesuain nama yang tertera di ijazah dengan nama bakal calon.

“Bawaslu harus memastikan dua hal. Pertama, apakah KPU Kota Serang sudah melakukan verifikasi ke lokasi lembaga pendidikan itu, dan kedua kami juga ada alat kerja untuk memastikan keabsahan ijazah dimaksud. Verifikasi secara langsung ke lembaga pendidikan ini juga sebagai antisipasi manakala terjadi sengketa dan atau dugaan pelanggaran pidana pemilihan akibat penerbitan dokumen pencalonan,” kata Masykur, kemarin. 

Dijelaskan Masykur, Bawaslu nantinya akan melihat dan meneliti seluruh dokumen syarat calon yang diajukan oleh tiga bakal calon walikota dan wakil walikota, sebelum akhirnya nanti mereka ditetapkan sebagai pasangan calon yang rencananya akan dilakukan oleh KPU pada tanggal 22 September 2024 mendatang.

“Jika peserta pemilihan merasa hak nya tidak terpenuhi akibat terbitnya surat keputusan KPU atas penetapan pasangan calon peserta pemilihan nanti, maka mereka bisa mengajukan sengketa ke Bawaslu,” kata Masykur.

Diketahui, ada tiga bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Serang yang sudah mendaftar ke KPU Kota Serang, sepanjang rentang waktu tanggal 27-29 Agustus 2024 lalu. Mereka adalah Ratu Ria Maryana-Subadri Ushuludin; Budi Rustandi-Nur Agis Aulia; serta Syafrudin-Heriyanto Citra Buana. (fmm)