Lompat ke isi utama

Berita

Persiapkan Pengawasan Penertiban APS, Bawaslu Kota Serang − Polres Jalin Koordinasi

Persiapkan Pengawasan Penertiban APS, Bawaslu Kota Serang − Polres Jalin Koordinasi

Kota Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Serang - Pimpinan Bawaslu Kota Serang menemui Kapolres Serang Kombes Pol Sofwan Hermanto di Mapolres Serang Kota, Senin (18/9/23). Hadir pada pertemuan itu, Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Fierly Murdlyat Mabrurri serta Divisi SDMO Pendidikan dan Pelatihan Abdurrochim.

Fierly menjelaskan, Bawaslu tentu saja membutuhkan partisipasi Polres dalam penguatan Sentra Gakkumdu yang bertugas menyelesaikan pelanggaran pidana pemilu. Hal lain, Bawaslu juga berharap, Polres Serang Kota mampu menciptakan stabilitas keamanan selama tahapan pemilu berlangsung.

“Berdasarkan pengalaman, kami begitu terbantu dengan kinerja Polres dan Kejari selama bertugas bersama di Gakkumdu. Apalagi berdasarkan indeks kerawanan pemilu (IKP) yang dirilis Bawaslu RI, Kota Serang ini menjadi peringkat 11 secara nasional, kategori rawan politik uang. Ini tentu tantangan serius bagi pelaksanaan pemilu ke depan,” kata Fierly.

Pada kesempatan yang sama, Abdurrochim menyampaikan rencana Bawaslu untuk melakukan pengawasan pada penertiban alat peraga sosialisasi (APS) yang marak di sejumlah ruas jalan. Bawaslu berharap, Polres dapat memberikan back up personel untuk pengamanan di lapangan.

“Dasar hukum pelaksanaan ini adalah Perda K3. Jadi pelaksananya Satpol PP. Kami hanya mendampingi dan mencatat APS apa saja yang ditertibkan. Tentu harus dibuat acuan yang jelas agar tidak timbul gejolak dari peserta pemilu. Misalkan soal kategorisasi, APS apa saja yang ditertibkan, di ruas jalan mana saja,” kata Abdurrochim.

Kapolres berkomitmen untuk membantu setiap kebijakan dan program kerja Bawaslu. Kapolres meminta, seluruh penyelenggara pemilu mentaati aturan dan bertindak profesional serta tidak diskriminatif.

“Sesuai kewenangannya yang ada pada kami, tentu Polres siap mensupport kegiatan Bawaslu. Apalagi kita tergabung dalam Gakkumdu. Kami juga akan mulai menugaskan polsek dan babinkamtibmas untuk dapat memetakan setiap problem kepemiluan yang muncul. Tentu nanti kita dapat bertukar data dan informasi,” kata Kapolres.

Hadir pada kesempatan tersebut, staf Bawaslu Kota Serang serta jajaran Intelkam Polres Serang Kota. (fmm)

Foto: Fathimatufz Zahra