Lompat ke isi utama

Berita

Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih, Bawaslu Pastikan Pantarlih Coklit Dengan Akurat

pengawasan coklit

Anggota Bawaslu, Dita Yuliafnita saat melakukan pengawasan coklit oleh Pantarlih di Kecamatan Taktakan, Selasa (25/6/24).

Kota Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Serang – Pada hari pertama pelaksanaan coklit untuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Serang, dimulai dengan pengawasan ketat dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat.

Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Serang, Dita Yuliafnita turun langsung untuk melakukan pengawasan bersama dengan Pengawas Kelurahan/Desa dan Pantarlih di Kecamatan Taktakan, Selasa (25/6/24).

Dita mengatakan bahwa kegiatan pengawasan ini merupakan bagian dari tugas Panwaslu untuk memastikan bahwa setiap tahapan dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Ia menuturkan jika keakuratan data pemilih sangat krusial untuk memastikan bahwa proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serang tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan transparan.

"Kami melakukan pengawasan langsung di lapangan, tentunya dengan tujuan agar kami dapat memastikan bahwa Pantarlih menjalankan tugasnya dengan baik dan memverifikasi data pemilih dengan akurat sesuai dengan kondisi yang ada di masyarakat," ucap Dita.

Pada kesempatan yang sama, Kordiv Hukum dan sengketa Bawaslu Kota Serang, Masykur Ridlo juga menambahkan bahwa selain memastikan keakuratan data, pengawasan juga dilakukan untuk memastikan bahwa setiap perubahan data pemilih yang terjadi dapat segera dilakukan pembenahan oleh PPS.

Tentunya, hal ini penting untuk menghindari potensi kesalahan atau kekurangan informasi yang dapat mempengaruhi proses selanjutnya dalam Pemilihan serentak mendatang.

"Pencoklitan pastinya merupakan proses yang amat penting, agar semua Masyarakat kota serang yang berhak memilih bisa menyalurkan hak pilihnya," tutur Masykur.

Bawaslu Kota Serang, kata Masykur, akan terus memastikan jalannya pengawasan yang ketat dan mendukung kerja Pantarlih, agar proses coklit berjalan dengan lancar. Setelah proses coklit selesai, data yang terkumpul akan diverifikasi dan disempurnakan sebelum digunakan dalam pemilihan serentak tahun 2024.

"Bawaslu Kota Serang berharap melalui pengawasan, proses pemilihan dapat berjalan dengan transparan, adil, dan bebas dari potensi pelanggaran,” ujarnya.

Turut hadir dalam Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan/Desa setempat.***

Penulis dan Foto : Fathimatufz Zahra

Editor : Dita Yuliafnita