Lompat ke isi utama

Berita

Dialog Interaktif bersama RRI Banten, Bahas Kirab Pemilu 2024

 Dialog Interaktif bersama RRI Banten, Bahas Kirab Pemilu 2024

Kota Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Serang - Bawaslu Kota Serang menghadiri undangan dialog interaktif dengan tema Kirab Pemilu Sebagai Peningkatan Partisipasi Pemilu 2024 di Radio Republik Indonesia (RRI) Banten, Jumat (22/9/23).

Ketua Bawaslu Kota Serang Agus Aan Hermawan hadir didampingi Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Dita Yuliafnita. Dialog dilakukan secara langsung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang.

Ketua Bawaslu menjelaskan, tugas pokok Bawaslu adalah mengawasi tahapan pemilu agar berjalan sesuai dengan perundang-undangan. Salah satunya dengan turut mengawasi jalannya Kirab Pemilu 2024.

"Posisi kami secara tupoksi adalah mengawasi, mengawasi bagaimana tahapan pemilu berjalan sebagaimana peraturan perundang-undangan. Tentu kami punya peran untuk mengawasi kegiatan Kirab Pemilu yang dilakukan oleh KPU," kata Agus saat diwawancarai.

Diketahui KPU Kota Serang akan menggelar Kirab Pemilu pada 29 Oktober 2023 mendatang. Rencananya acara akan dilaksanakan selama 7 hari di alun-alun Kota Serang. Nantinya, acara akan melibatkan seluruh stakeholder termasuk Bawaslu, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Serang.

“Kirab Pemilu 2024 merupakan sarana bagaimana kita menyebar luaskan informasi kepada masyarakat bahwa pemilu akan dilaksanakan pada Februari 2024,” Kata Ketua KPU Kota Serang, Ade Jahran.

Menanggapi hal tersebut Bawaslu berkomitmen akan ikut melakukan pengawasan pada Kirab Pemilu 2024 tersebut. Bawaslu menghimbau agar masyarakat tidak salah memahami Kirab Pemilu sebagai ajang kampanye, melainkan ajang sosialisasi pemilu 2024.

Diakhir perbincangan, Anggota Bawaslu Dita Yuliafnita mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 dan menjadi pemilih yang cerdas.

"Ayo jadi pemilih cerdas dan jangan jadi pelanggar pemilu," ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota KPU Kota Serang M. Fahmi Musyafa. (Zhr)

Foto: Siti Kholisotul