Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Terjun ke SMA, Sosialisasi Pemilu untuk Pemilih Pemula

bawaslu

Sosialisasi pemilu di SMA Peradaban, pada Selasa (06/01/24).

Dalam upaya mengedukasi generasi muda tentang pentingnya peran dalam demokrasi, Bawaslu Kota Serang turut berkontribusi dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pemilu di berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satunya SMA Peradaban, pada Selasa (06/01/24).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada pemilih pemula mengenai hak, kewajiban, dan tanggung jawab dalam proses pemilihan umum.

Dengan suasana interaktif, Bawaslu Kota Serang yang di wakili oleh Anggotanya, Dita Yuliafnita, memberikan penjelasan tentang prosedur pemilihan, pentingnya partisipasi aktif dalam demokrasi, serta bagaimana pemilih pemula dapat turut serta menjaga integritas pemilu. Selain itu, mereka juga memberikan informasi tentang pencegahan dan penanganan pelanggaran pemilu.

Dita menjelaskan kepada para siswa tentang pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam demokrasi.
"Kami, Bawaslu ingin turut serta menciptakan generasi yang cerdas dan aktif. Melalui interaksi langsung, kami berusaha memberikan pemahaman mendalam kepada generasi muda tentang hak, kewajiban, dan peran penting pemilih pemula dalam demokrasi. Harapan kami, melalui edukasi ini, dapat tumbuh semangat partisipasi adik-adik dalam pemilihan umum mendatang."

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan banyak peserta adalah bagaimana peran pemilih pemula yang belum memiliki hak pilih dalam Pemilu. Dita Menjelaskan justru pemilih pemula memiliki peran aktif yang dapat menjadi tonggak demokrasi.

"Meskipun mereka tidak dapat memberikan suara secara langsung, partisipasi mereka dapat memberikan dampak positif. Pemilih pemula dapat mengambil peran dalam memantau jalannya pemilu, mengikuti berita terkini, dan memberikan informasi tentang kegiatan pemilu disekitarnya. Hal ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap integritas pemilu dan penegakan hukum," jelas Dita.

Sosialisasi ini diharapkan dapat merangsang minat serta kesadaran pemilih pemula untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pemilu. Sehingga mampu membentuk masyarakat yang lebih cerdas dan bertanggung jawab dalam menentukan arah bangsa melalui hak suara mereka.

Penulis dan foto : Fathimatufz Zahra

Editor : Dita Yuliafnita