Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Serang Kenalkan Demokrasi di SMP IT Al Izzah

Bawaslu Kota Serang Kenalkan Demokrasi di SMP IT Al Izzah

Kota Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Serang - Anggota Bawaslu Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri menjadi narasumber dalam kegiatan Suara Demokrasi yang digelar SMP IT Al Izzah, Jumat (6/10/23). Kegiatan dimaksud dihadiri oleh siswa siswi SMP IT Al Izzah kelas VII dan kelas VIII.

Fierly menjelaskan, generasi muda harus benar-benar mengkhayati fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Terlebih, dewasa ini, globalisasi menghasilkan dampak perubahan yang begitu cepat. “Mari kita rawat persatuan sebagai sebuah bangsa. Jangan kita terpecah hanya karena perbedaan pilihan politik saat pemilu misalkan,” kata Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi ini.

Fierly juga mengulas peran pentingnya demokrasi sebagai sebuah sistem politik yang paling mendekati ideal. Demokrasi, kata Fierly, membutuhkan setidaknya empat prasyarat. Yakni, tegaknya supremasi hukum, terjaminnya kebebasan individu, adanya pemilu yang dilaksanakan secara reguler, serta terjaminnya kemerdekaan pers. “Kami berharap, di SMP IT Al Izzah ini mulai ditanamkan nilai-nilai demokrasi, sehingga ketika masuk ke wilayah politik praktis, sudah menjadi terbiasa,” kata Fierly.

Pada sesi dialog, peserta banyak yang bertanya soal bagaimana tahapan pemilu dilangsungkan. Ada pula peserta yang bertanya tentang arti pentingnya demokrasi diterapkan di lingkungan sekolah.

Kepala SMP IT Al Izzah Sulkiah menjelaskan, kegiatan tersebut digelar sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Terlebih, pekan depan, SMP IT Al Izzah akan menggelar pemilihan Ketua OSIS periode 2023-2024.

"Jadi kami berharap, peserta didik dikenalkan secara dini terhadap apa itu demokrasi dan penerapannya dalam sistem pemerintahan kita di Indonesia. Agar kelak mereka nanti memiliki hak pilih, mereka sudah cukup referensinya,” kata Sulkiah. (fmm)

Foto: Samani