Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Serang Dorong Perempuan Aktif Awasi Pemilu 2024

Bawaslu Kota Serang Dorong Perempuan Aktif Awasi Pemilu 2024

Kota Serang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Serang - Bawaslu Kota Serang menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama kaum Perempuan pada Senin (30/10/23). Kegiatan dilaksanakan di Le Dian Hotel, Kota Serang.

Perempuan sendiri memiliki peran penting dalam jalannya pemilu. Selain karena perempuan memiliki perspektif, perempuan juga memiliki pegalaman unik yang mendukung keberagamnaan dan representasi yang luas dalam proses demokrasi Indonesia.

Berdasarkan Indeks kerawanan Pemilu (IKP) Kota Serang menjadi peringkat ke 11 nasional pada indikator rawan politik uang. Berdasarkan hal tersebut, kaum perempuan berpotensi menjadi sasaran pelanggaran pemilu diaantaranya berita bohong dan politik uang.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Dita Yuliafnita mengatakan hal yang sama saat menyampaikan materi.

“Saat ini Kota Serang masuk peringkat ke 11 indikator politik uang se Indonesia. Politik uang targetnya banyak dari perempuan dan Ibu-Ibu. Karena perempuan dianggap target yang paling mudah menerima berita bohong dan poitik uang,” kata Dita.

Dita juga mengajak agar kaum perempuan dapat berpartisipasi dalam mengawasi jalannya pemilu.

“Kekuatan Ibu-Ibu jangan digunakan dengan salah. Perempuan punya kekuatan untuk memerangi berita bohong dan mencegah politik uang. Kita harus recheck informasi yang kita terima. Dan laporkan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu,” jelas Dita.

Peran perempuan dalam pemilu juga didukung oleh Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Yoma Hatima. Ia mengajak para perempuan untuk mengkampanyekan tolak politik uang.

“Kita harus mengkampanyekan agar tidak terlibat politik uang. Bisa melalui advokat, pemberdayaan dan pendidikan, mendorong partisipasi perempuan dan meningkatkan representasi perempuan,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon positif dari para peserta sosialisasi. Kegiatan diikuti oleh puluhan perempuan dari berbagai organisasi se-Kota Serang. (zhr)

Foto : Fathimatufz Zahra