Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasi Bawaslu Kota Serang, Ajak Pemuda Tidak Apatis Terhadap Pemilu

Sosialisasi Bawaslu Kota Serang, Ajak Pemuda Tidak Apatis Terhadap Pemilu

#sahabatbawaslukotaserang, Jumat, (5/4/19). Sosialisasi bawaslu kota serang tentang pengawasan partisipatif kali ini undang organisasi kepemudaan dikecamatan walantaka, kota serang. yang dihadiri oleh kurang lebih seratus orang pemuda yang tergabung dari berbagai organisasi kepemudaan.

Acara tersebut diselenggarakan dikantor sekretariat SAF (Suwaib Amiruddin Foundation) dikecamatan walantaka kota serang, yang juga menghadirkan pembina SAF Banten sebagai narasumber yang juga berlatar belakang Akademisi Sosiologi Untirta dalam acara sosialisasi tersebut.

Acara dibuka langsung oleh Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Serang, Agus Aan Hermawan, yang dalam sambutannya menegaskan agar pemuda tidak boleh acuh terhadap Pemilu baik saat tahapan berlangsung dan saat pemungutan atau perhitungan suara nanti.

"Kami Bawaslu Kota Serang berharap agar setiap pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaannya masing - masing agar tidak acuh atau tidak apatis terhadap gelaran pemilu 2019, baik saat tahapan kampanye saat ini, maupun saat pemungutan atau perhitungan suara nanti" Ucap Agus

Lanjut Agus ia juga menjelaskan, saat memasuki sesi materi. Agar pemuda berada digaris depan dalam meningkatkan pengawasan partisipatifnya karena menurut Agus pemuda adalah bagian penting pada pemilu ini karena bagian dari regenerasi bangsa suatu saat nanti.

"Kami pikir pemuda adalah bagian penting Pemilu 2019, oleh karenanya pemuda yang notabane ikut didalam berbagai organisasi ini diharapkan mampu meningkatkan pengawasan partisipatifnya karena pemuda bagian dari mada depan regenerasi bangsa kedepan" ujar Agus.

Selain itu ditempat yang sama, Suwaib Amiruddin. Dosen Sosilogi Untirta menyampaikan hal senada dalam sesi materinya, yang menjelaskan mengenai peran pemuda dalam pengawasan sangatlah penting, mengingat Bawaslu Kota Serang mungkin mengalami keterbatasan personil menurutnya.

"Peran rekan - rekan dalam berpatisipasi dalam pengawasan sangatlah penting sebagai pemuda, kaliankan masih energik dan berjumlah banyak, mengingat peran bawaslu pun memiliki keterbatasan personil baik ditingkat kota maupun tingkat kecamatan untuk itulah pengawasan dari peran pemuda sangatlah diharapkan oleh lembaga penyelenggara Pemilu seperti Bawaslu."

Sementara narasumber lainnya yakni datang dari Bawaslu Provinsi Banten Muhamad Nasehudin, yang berpesan saat menyampaikan materinya agar pemuda harus berani dalam melaporkan tindak pidana pemilu apabila menemui pelanggaran yang terjadi ditengah masyarakat sewaktu - waktu kepada Bawaslu Kota Serang.

"Saya berpesan kalau rekan - rekan sudah mengikuti acara sosialisasi pengawasan partisipatif ini seharusnya kedepan akan berani apabila menemukan pelanggaran pemilu kemudian melaporkan kepada Bawaslu Kota Serang yang bisa saja terjadi sewaktu - waktu ditengah masyarakat, dan kalianlah yang berperan mengawasi" Tegas Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Banten ini.

Acara yang yang dimulai setelah jumatan ini dihadiri oleh ICMI Orda Kota Serang, PMII Kota Serang, HmI Kota Serang, GAC Ansor Walantaka, Ikatan Mahasiswa Walantaka (IMAWA), IMM Kota Serang, Sanggar Seni Ciwaka, KNPI Kota Serang, Suwaib Amiruddin Foundation (SAF), Pd. Pemuda Muhammadiyah, GMNI Kota Serang, GMKI Kota Serang, Hamas Banten, Karang Taruna Se-Kota Serang. (Humas/Red)